2009年1月22日星期四

Add a gadget - Clock

Seperti yang telah diuraikan dalam pembahasan mengenai Weblog pada http://zychen-blogpage.blogspot.com/2009/01/weblog.html bahwa "membuat Blog tidak memerlukan keterampilan pembuatan design dan pemrograman website yang rumit, karena banyak fasilitas pembuatan Blog telah disiapkan oleh penyedia layanan Blog", maka untuk menambahkan sebuah jam didalam Blog kita misalnya, kita tidak perlu membuat program jam dengan menulis kode-kode HTML/JavaScript (HyperText Markup Language/JavaScript) yang rumit, karena:

1. Banyak programmer telah meng-coding HTML/JavaScript untuk menampilkan jam bagi kita para Blogger, dan kita dapat mampir ke website mereka (clocklink.com, worldtimeserver.com, localtimes.info dan website lainnya) untuk meng-copy HTML/JavaScript secara gratis.

2. Blogger.com telah menyediakan gadget (elemen Blog) untuk menambahkan HTML/JavaScript (Layout | Add a gadget | HTML/JavaScript) didalam blog kita.

Langkah-langkah pembuatan jam dalam Blog secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

1. Mampir ke website clocklink.com, masuk ke Clock Gallery, setelah memilih jam yang disukai, klik "View HTML Tag"-nya, tentukan warna, pilih Timezone: GMT+7:00 (yaitu WIB) serta ukuran jam yang diinginkan, lalu "Copy" HTML/JavaScript-nya.

2. Sign-in pada blogger.com dengan menggunakan accout google, tambahkan gadget (elemen) HTML/JavaScript (Layout | Add a gadget | HTML/JavaScript) lalu "Paste"kan hasil copy-an dari langkah 1 diatas kedalam kotak pengisian Content HTML/JavaScript, jangan lupa untuk melakukan "Save" sebelum Sign-out.

0 comments:

发表评论